SOAL KELANGKAAN BBM (artikel 17)

Posted: 5 Januari 2009 in ARTIKEL
Tag:, , , , , ,

SOAL KELANGKAAN BBM

(korelasinya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional)

Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebenarnya bukan merupakan fonomena baru bagi bangsa Indonesia, hal semacam ini sering terjadi terutama di musim mudik, atau adanya ngejolak perubahan harga BBM yang ditetapkan pemerintah… hal ini menjadi sebuah ironi karena Indonesia terkenal memiliki kekayaan alam atas minyak bumi yang sangat melimpah tapi kekurangmampuan pemerintah dalam mengelola kekayaan alam Indonesia ini yang pantas di pertanyakan..

Tapi kelangkaan BBM yang terjadi akhir-akhir ini sepertinya merupakan fenomena baru dalam hal penyebab kelangkaannya, berita yang sering terdengar adalah pasokan dari pertamina telat datangnya, namun saya melihat ada faktor lain yang tersembunyi dibalik kelangkaan BBM ini yaitu, sebagian SPBU tidak mau rugi dan berspekulasi atas rencana penurunan harga BBM di bulan ini, ini adalah alasan yang masuk akal sebagai pebisnis bayangkan saja, kulakan satu tangki premium isinya 20.000 liter, kalau misal saat stock masih setengah = 10.000 liter premium, lalu pemerintah menurunkan harga Rp. 1.000 saja maka SPBU tersebut akan rugi Rp. 10.000.000,-, jadi masuk akal jika pengusaha SPBU tidak kulakan dulu sembari menunggu kepastian turunnya harga.. indikasi tersebut jelas terlihat dari hanya sebagian saja SPBU di sebuah kawasan, yang stock premiumnya habis, sedang beberapa lainnya lancar, ini menandakan sebenarnya suplay pertamina tidak ada masalah.

Itu adalah pemikiran otak saya yang dangkal dan nggak pinter ini,

Lalu apa yang seharusnya dilakukan kalau hal semacam ini terjadi, saya fikir Pertamina perlu membuat suatu mekanisme control stock bahan bakar minyak, yang bisa mendata seberapa stock sebenarnya BBM yang dimiliki SPBU saat perubahan harga, dan kemudian Pertamina harus mengganti kerugian yang di alami SPBU tersebut…

Terlepas dari Pertamina punya mekanisme untuk mensiasati kenyataan tersebut atau tidak, ini akan bisa menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani segera, apalagi saya dengar kabar bahwa harga BBM akan selalu disesuaikan dengan harga minyak dunia setiap dua minggu sekali, kalau hal ini tidak segera di atasi maka bukan cuman masyarakat yang di rugikan tapi banyak SPBU yang akan kehilangan omset usaha.

Dan ini secara langsung akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi bangsa, kita tahu pertumbuhan ekonomi di pengaruhi oleh pendapatan, sedang rumus pendapatan Negara adahal Y = C + I + G + (x-i)
Dimana:
Y = Pendapatan
I = Investment (Investasi yang masuk)
C = Consumption (Konsumsi Masyarakat)
G = Government Expenditure (Pengeluaran Pemerinta / Belanja Negara)
x = Export
i = Import

Dalam hal kelangkaan BBM ini yang akan terpengaruh jelas Consumption (Konsumsi Masyarakat) karena kalau mereka ndak punya akses transportasi mereka pasti mikir untuk belanja.. dan tentu saja Investment, karena kalau masalah SPBU dibiarkan berlarut-larut maka ini akan memperburuk citra Investasi di berbagai sektor. Dan kalau banyak investor yang mengurungkan niatnya untuk berinvestasi di Indonesia maka akan berbanding terbalik dengan niatan pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran…

Jadi jangan anggap sepele masalah semacam ini !!!

About these ads
Komentar
  1. Yella Ojrak mengatakan:

    weee… Ada rumusnya segala! Jadi nambah pengetahuan saya tentang ekonomi. Selama ini cuman tau ekonomi itu kelasnya kereta api. (Katanya pesawat juga ada yang ekonomi tapi saya kan belum pernah naik pesawat jadi ya gak tau.)

    Replay :
    ada lagi yang pakai istileh ekonimi, yaitu sabun colek.. he..he.. makasih dah mampir..

  2. fachri mengatakan:

    thanks atas tambahan ilmunya…

    Replay:
    Sama-sama, ini lah gunanya blog saling tukar pengetahuan.. saya juga pasti dapat banyak ilmu dari blognya mas fachri, thanks mas

  3. etikush mengatakan:

    “….maka SPBU tersebut akan rugi Rp. 10.000.000,-…., ”

    Untung aq bukan pemilik SPBU….

    “Itu adalah pemikiran otak saya yang dangkal….,”

    Kok otaknya kayak kolam renang… hehehe…

    “karena kalau mereka ndak punya akses transportasi mereka pasti mikir untuk belanja.. ”

    Aq sih kalo belanja ke pasar langsung jalan kaki aja… sekalian olahraga… jadinya gak pake mikir… hehehe….

    Replay :
    he..he…

  4. Anonymous mengatakan:

    hkkhhh

    • mida ajja mengatakan:

      saya bisa gk pak dibimbing mengenai kelangkaan BBM terhadap pendapatan penarik beca bermotor dikota padangsidimpuan ni psk?

  5. cpp ajj bleh,,, mengatakan:

    akh anjingx bga presiden th mni eweh kabalegan,,,,

  6. Azis Mipa mengatakan:

    terima kasih buat artikelnya ya…

  7. pojok kesehatan mengatakan:

    kapan bbm akan turun lagi,,
    seturun-turunnya

  8. sityPholLephelL mengatakan:

    coba di lengkapi lg dgan gambar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s