PRESTASI OLAHRAGA NASIONAL (artikel 3)

Posted: 6 November 2008 in ARTIKEL
Tag:

telah di posting di <suklowor.blogspot.com> tanggal 28 Juli 2008

PRESTASI OLAHRAGA NASIONAL

Mengamati prestasi olahraga bangsa Indonesia yang kian lama kian amburadul, lihat prestasi Indonesia di Sea Games hanya peringkat 4 padahal kita semua tahu jumlah penduduk Indonesia paling banyak diantara Negara-negara peserta lainnya.

Apa masalahnya ?

Mungkin banyak diantara kita yang mengatakan soal pengurus yang tidak becus (mungkin ada benarnya) tapi menurutku bukan itu, Alasanku adalah:

Yang pertama; mungkin banyak orang berpendapat bahwa karena anggota badan organisasi olah raga kita tidak jauh dari orang pemerintahan, yang notabene tidak jauh dari budaya korupsi sehingga dana yang seharusnya digunakan untuk membina atlet menjadi tidak tentu arahnya. Juga banyak kolusi dan nepotisme sehingga hanya atlet yang dekat dengan penguruslah yang akan dikirim bertanding atau mengikuti pemusatan latihan.

Mungkin itu ada benarnya, tapi kalau kemudian ditanya apa solusi masalah diatas rasanya mustahil, kenapa karena KKN sudah menjadi jiwa dari bangsa Indonesia, mau ganti pengurus sama saja, malah akan menjadi pemborosan dana untuk menyelenggarakan “Munaslub” lebih baik biaya itu digunakan untuk keperluan lain yang lebih tepat guna. boleh kita bermimpi mempunyai pengurus bagus tapi atlet tidak ada ya percuma. Kalimat terakhir ini yang akan menjadi pokok permasalahan yang ke-dua dan-tiga.

Alasanku yang kedua; kenapa prestasi olahraga Indonesia carut marut. Sebenarnya adalah masalah ekonomi, kita bisa lihat bibit-bibit atlet berprestasi bangsa ini yang harusnya diusia belasan sudah berlatih dan terus berlatih, justru dituntut dengan kegiatan mencari uang, dikota-kota pengamen, pengemis lihatlah usianya bukan cuma belasan, balita bahkan yang masih ada di ayunan sudah dituntut mencari uang mana bisa mereka berlatih olahraga, mana ada orang yang peduli tentang bakat alami yang mereka miliki,

Kalau mungkin mereka punya waktu, maka sekarang yang kita bicara tentang sarana olahraga, bisakah kita hitung dengan jari anak2 yang minta sarana olah raga seperti raket atau sepatu bola langsung di berikan oleh orang tua? Yang banyak mereka justru dihardik “untuk makan aja susah minta macam2” begitu kata orang tua, bagaimana mungkin prestasi olahraga kita akan maju!!!

Kalau kita merunut “Teori Hirarki Kebutuhan Hidup Manusia Abraham Maslow”, bangsa ini masih berkutat pada level paling bawah (kebutuhan primer), padahal menurut saya olahraga adalah paling puncak (aktualisasi diri) alangkah jauhnya mimpi kita “laksana pungguk merindukan bulan”

Contoh kongkret kenapa Malaysia, Thailan, Vietnam, China, Jepang, Korea Selatan yang sebenarnya memiliki postur tubuh tidak jauh beda dengan bangsa ini, karena sama-sama ras Austronesia, prestasinya bisa jauh diatas Indonesia, karena mereka memiliki tingkat perekonomian yang lebih maju, sehingga mereka bisa fokus mencintai hobi yang mereka sukai.

Alasan yang ke-tiga; olahraga bukan cuma menuntut kondisi fisik semata, tingkat kecerdasan intelektual (IQ) sangatlah diperlukan, contoh sederhana; seorang striker diberi umpan silang oleh wingback, kalau dia IQnya tinggi, dia sudah tahu apa yang harus dilakukan saat kaki wingback itu menyepak bola untuk memberi umpan, hingga dalam waktu yang tepat dia bisa mengakiri sentuhannya dengan gool, tapi kalau IQnya rendah saat bola sudah ada didepan mata, dia bingung bola ini mau diapain pakai sundulan, tendangan salto, backhand drift, for hand, Hook, Uppercut, atau dimakan kali ya?…

Padahal kita tahu perkembangan IQ harus dimulai dari masa kecil bahkan sejak di dalam kandungan, kecukupan gisi harus dipenuhi dengan maksimal, sekarang berapa banyak yang bisa demikian. Inilah yang harus kita fikirkan, sebagai fokus perbaikan ok lah kita tidak bisa merubah semua, tapi mari kita mulai dari diri kita, keluarga kita atau orang-orang yang ada disekeliling kita.

Saya yakin dari jutaan pengemis, pengamen anak yang ada di Indonesia menyimpan potensi meraih medali emas di Sea Games bahkan mungkin Olimpiade, kalau mereka benar-benar diperhatikan tingkat pemenuhan kebutuhannya.

Fakta : Negara yang mendominasi even-even olahraga adalah Negara yang maju dalam tingkat perekonomiannya…

Komentar
  1. Anonim mengatakan:

    negara indonesia harus mempunyai motivasi kedepan…!!!

  2. Satwika mengatakan:

    Sy stuju sma pnulis, bnyak skali anak-anak yg mmiliki bkt yg luar biasa.
    Coba di manfaatkn.

    Replay:
    makasih atas dukungan atas tulisan saya tersebut…..

  3. Krisnando,SP. mengatakan:

    Ass.WR.WB ,salam olahraga mas suklowor,sy bangga kepada Bpk Tahir jide alumni fakultas ilmu olahraga bandung yg telah menorehkan tinta Emas dg tangan dinginnya pd Bngs Indonesia.Bicara pembinaan usia dini,indonesia harus berbenah.Usia dini yang seharusnya bermain dan fun jadi hilang karena ambisi orang dewasa untuk menjadikan bintang olahraga anak dengan menekankan latihan intensif.Kurikulum pendidikan jasmani sekolah belum ada kesinambungan dari SD,SMP,SMA yg akan berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak.Buat kurikulum dengan menghadirkan ahli2 pendidikan jasmani dan rangkulah guru penjas lewat sekolah untuk pembinaan.shg akan lahir Tahir jide2 berkualitas dan tangguh serta akan lahir pula Rudi hartono2 yg baru.jadi jangan saling menyalahkan,terima kasih mas suklowor WASS.WR WB

  4. dodo mengatakan:

    bagus

  5. fitri mengatakan:

    maju terus tim olahraga badminton…..
    aq slalu mendukungmu,

  6. lili mengatakan:

    i love you full indonesia,
    tingkatkan olahraga badminton. . . .

  7. fitri mengatakan:

    ass,slm olhraga utk pecinta olahraga di slrh indonesia,mnrt saya olhraga yg paling d” sukai sluruh indonesia itu adlh atlit bulu tangkis. . . . .

  8. Markus Uci mengatakan:

    Jika semua masyarakat Indonesia berfikiran seperti anda,kemunkinan besar olahraga di negara ini akan maju pesat.Maju Indonesia!

    Replay :
    Amin… makasih dah membaca…🙂

  9. ahmadmusa mengatakan:

    saya berharap lagu ” INDONESIA RAYA ” bisa berkumandang di PIALA DUNIA dan PESTA AKBAR OLAHRAGA DUNIA

  10. basyari mengatakan:

    CACAD KELELOWOR

  11. Bali Golf courses mengatakan:

    tetap semangat indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s