SOAL PAJAK (artikel 6)

Posted: 6 November 2008 in ARTIKEL
Tag:, , , , ,

telah di posting di <suklowor.blogspot.com> tanggal 14 Agustus 2008

SOAL PAJAK

Membaca artikel harian JOGJA “HARJO” tanggal 13 Agustus 2008, tentang pembebasan Fiskal kepada orang yang memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak” untuk memicu masyarakat untuk memiliki NPWP terasa janggal dalam fikiranku.

Menurutku kebijakan yang akan di berlakukan di tahun depan itu tidak akan memenuhi sasaran.(meningkatkan pendapatan pajak pemerintah)

kenapa demikian?

Kita tahu bahwa Fiskal adalah pajak yang dikenakan untuk setiap warga Indonesia yang hendak bepergian ke Luar Negeri besarnya Rp. 1 juta per orang.

Sedangkan kewajiban memiliki NPWP perorangan adalah orang yang memiliki penghasilan minimal Rp. 13,5 juta pertahun kalau di tambah tanggungan (istri + Anak) maka nilai minimalnya akan naik menjadi Rp. 18 juta. dari dua hal tersebut kemudian aku hubungkan :

* Orang yang memiliki penghasilan 13.5 juta keatas sampai batasan tertentu tidak mungkin berkeinginan pergi keluar negeri, jangankan untuk itu untuk pendidikan anak aja mungkin kurang.

* Orang yang bepergian ke luar negeri kebanyakan adalah pengusaha yang aku yakini mereka sudah memiliki NPWP minimal untuk keperluan perusahaannya.

Maka dari dua hal itu aku simpulkan:

* Orang yang punya penghasilan 13,5 juta keatas atau boleh dikatakan level menengah ke bawah tidak akan kepincut dengan iming-iming pembebasan Fiskal.

* Pemerintah justru akan kehilangan pendapatannya dari Fiskal karena pengusaha yang sudah punya NPWP tidak perlu bayar Fiskal lagi kalau bepergian ke luar negeri. besarannya akan sangat siknifikan.

* Dan dengan tidak adanya Fiskal otomatis orang kaya semakin sering bepergian ke luar negeri maka bayangkan uang yang seharusnya dibelanjakan di dalam negeri kemudian akan lari ke luar negeri, ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. orang miskin lagi yang kena imbasnya

* Atau jangan-jangan ini adalah kebijakan aparat pajak supaya mereka lebih sering bisa bepergian ke luar negeri, karena bebas Fiskal gratis. payah kalau begitu..

= Jadi aku fikir kebijakan penghapusan Fiskal untuk kepentingan NPWP itu tidak masuk akal.

Mending menciptakan aturan yang mewajibkan pengusaha untuk membuatkan NPWP pada seluruh karyawannya, meski nanti yang bayar pajak tetep karyawan, sebagaimana Pemerintah mewajibkan Pengusaha menguruskan Jamsostek untuk karyawannya..

“itu saja, aku nggak sempat edit mungkin tata bahasanya ngaco” maaf ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s