SUKLOWOR, APA ARTINYA? (Artikel 7)

Posted: 7 November 2008 in ARTIKEL
Tag:, , , , ,

telah di posting di <suklowor.blogspot.com> tanggal 3 September 2008

SUKLOWOR, APA ARTINYA?

Ada seorang teman yang menanyakan kepada ku, kenapa aku begitu bangga dengan nama julukanku “SUKLOWOR” sampai-sampai email suklowor@yahoo.com Blog suklowor@wordpress.com, puisipun bertulis Eko “Suklowor” Wibowo bahkan Helm di tempeli stiker “Suklowor”? Bukankan suklowor itu terkesan negative?

Memang sih dalam difinisi orang jawa istilah klowor memiliki definisi cukup negative, minimal ada 2 idiom negative tentang suklowor tersebut. Yaitu:

  • Klowor itu mengesankan orang pemalas, suka tidur, lambat dll.. maka muncul istilah “Orang kok klowar-klowor”
  • Klowor juga mengesankan pada pakaian yang sudah usang, maka muncul istilah katok (celana) klowor.

Tapi banyak orang yang lupa ada satu definisi lain tentang istilah klowor, yaitu Klowor adalah satu budaya (kebiasaan) dikalangan pesantren tradisional yang mereka sama sekali tidak mementingkan penampilan, lihatlah kadang kopyah hitam sudah berubah warna jadi merah karena kebanyakan dipakai (mungkin punyanya cuma satu), Baju koko putih polos sudah berubah abu-abu dengan tambahan motif jamur, sarung sudah ngeper (mengkerut bagian ujung), sandal slen (beda sebelah)…

Tapi ingat dibalik itu semua ternyata didalam diri para santri klowor tersebut tersimpan cahaya yang sangat cemerlang, cahaya ketakwaan, cahaya keimanan yang jauh melebihi kita, orang yang biasa berkoar tentang islam-islam-islam, tapi hati, tingkah laku jauh dari islam. Baca Al Qur’an cuman sekedar di bibir, sholat hanya karena ingin di puji orang, dll.

Saya ingin memiliki jiwa seperti mereka para santri klowor, yang hampir tidak memperdulikan urusan duniawi, dan selalu mementingkan urusan ukhrowi, tidak peduli kata orang lain yang dia pedulikan hanya Allah tuhannya..

Saya masih jauh dari apa yang saya inginkan tersebut, tapi harapan saya dengan menggunakan nama “SUKLOWOR”, bisa mengingatkan saya setiap saat tentang keinginan saya di atas..

Trimakasih, dan mohon do’anya…!

Komentar
  1. etikush mengatakan:

    oh, saya kira-in semacam kelelawar…
    maklum, gak bisa boso jowo…

  2. suklowor mengatakan:

    ya… begitulah kira-kira mas… cita-cita yang nggak nyampai-nyampai.. he..he..

  3. mancung64 mengatakan:

    Salam kenal mas klowor, cita2 yg baik senantiasa merupakan doa,smg di ijabah-Nya.Nama blh klowor,tp sikap? Jangan ah! Penampilan oke, isinya jg harus lbh oke !

    Replay :
    Amien.. Makasih doa’anya mas… soal penampilan dan isi saya sependapat dengan mas mancung…

  4. bagusweda mengatakan:

    semoga terkabulkan,suatu cita-cita yang mulya,yang langka anak muda seperti itu.perlu tularkan citacita itu.

    Replay:
    Makasih pak… sayangnya belum tercapai cita2 itu 100 % doanya ya pak

  5. Gusti Dana mengatakan:

    Ass.Wr.Wb..

    Sahabat,saya gak peduli dengan arti sebuah nama,yang terpenting adalah hatinya.:-)

    Mampirlah kegubug saya..ada sesuatu untukmu.;-)

    Replay :
    Waalaikum’salam
    Trimakasih saya akan mampir, gubug beneran atau Blog pak. kalau Blog sekarang saya sedang membacanya, makasih dah mampir…

  6. aq mengatakan:

    ough.. kira in ,,,

    bagus tuh, tp mnrt aq siyy bagus an lg penampilan ok n hati jg oke ,, akhirat dpt dunia jg g luput

    semangat !!

Tinggalkan Balasan

