JADILAH DIRI SENDIRI… (artikel 16)

Posted: 2 Desember 2008 in ARTIKEL
Tag:, , , , , , , , ,

JADILAH DIRI SENDIRI…

Ku tulis ini untuk memotivasi diri saya sendiri dan mungkin berguna untuk orang-orang yang sedang mencari jati diri…

Aku ingat waktu pertama kali berani menampilkan puisiku ke publik, atau sekedar mengirimkan puisi-puisiku ke beberapa teman itu terjadi di awal tahun 2007, padahal aku sudah menulis puisiku di tahun 2004 ya puisi “Telaga Biru” itu yang pertama aku buat, dulu rentan waktu 2004 sampai akhir 2006 aku sama sekali tidak berani menampilkan puisi-puisiku, karena beranggapan bahwa puisiku jelek dan tidak pantas dibaca orang lain apalagi hampir semua puisiku bernada sedih atau bernuansa kesedihan, hingga aku menjuluki aliran puisiku sebagai aliran puisi Eksploitasi Hati, karena memang semua hadir sebagai cerminan kegelisahan hati..

Sampai akhirnya aku ketemu dengan seorang teman yang hobi juga bikin puisi, lalu aku bilang bahwa aku juga punya beberapa puisi, lalu dia minta aku membacakannya, langsung aku tolak mentah-mentah, karena alasan diatas tadi tentunya, lalu dia bilang seorang seniman tidak akan pernah peduli untuk menampilkan karyannya biarpun itu jelek menurut orang, di dunia ini ada ratusan ragam orang kata dia, mungkin diantara ratusan itu ada satu saja tipe orang yang suka, biar satu itu yang menikmati yang lain terserah, sebagai orang beragama menyenangkan satu orang tetep berpahala, tidak mungkin kita bisa menyenangkan semua orang sekaligus “ngoyoworo”

Dia kemudian memberikan ilustrasi, ingat seorang seniman instalasi di Bandung yang karyanya waktu di pajang di depan rumahnya dibuang oleh satpol PP, karena dikira sampah, Satpol PP mungkin menganggap itu sampah tapi kemudian banyak orang yang simpati pada seniman itu bahkan beritanya menjadi berita nasional, kompas membahasnya beberapa minggu, orang-orang mengecam Satpol PP yang akhirnya meminta maaf..

Begitulah seharunya kita, kita harus menjadi diri sendiri, persetan orang bicara apa kalau kita selalu takut pada bayang-bayang orang lain, kita tak akan beranjak kemana-mana, sederhananya, ada si-A bilang ke utara Si-B bilang ke selatan, kita ikut siapa? Apa mungkin tubuh kita belah jadi dua satu kita minta ke utara satu ke selatan, tidak mungkin. Kalau Si-A bilang ke utara dan Si-B bilang ke selatan lalu hati kita bilang ke timur, jalan aja kita ke timur, di timur mungkin kita akan ketemu si-C yang sudah lama menunggu kita dan menyiapkan rangkaian bunga aloha, menghafal nyanyian “Marhaban ya Nurul Ain” atau sudah menyiapkan sajak-sajak cintanya untuk kita…

Dari kata-kata temanku tadi baru muncul keberanian untuk menampilkan puisi dan tulisan saya yang awalnya hanya ngendon di buku Catatan Harian.. lalu aku tampilkan di Friendster bulletin, Friendster Blog dan akhirnya keranjingan Blognya WordPress ini, dan ternyata benarjuga ada yang memuji meski tidak banyak , termasuk Boss Yella lho.. makasih ya boss…

Satu bukti lagi saat aku menampilkan widget baru “how’s among us” yang bisa menampilkan berapa orang yang sedang membaca blog kita dan dari mana asalnya. Di hari pertama, muncul satu orang dari Amerika tepatnya South Portland, Maine, United States, awalnya aku fikir orang ini nyasar, buka trus kemudian ditutup lagi karena aku pakai bahasa Indonesia, tapi beberapa tag aku kasih bahasa inggris. Lha mungkin dia nyasar waktu searching ketemu blog aku. Tapi ternyata aku perhatiin kok Online-nya lama juga, dan aku perhatiin yang di baca satu artikel saja “ Parodi Anjing Si tuan Polan” karena di widget ini juga bisa menampilkan orang sedang baca artikel tentang apa diblog kita, aku seneng sekali dengan hal ini mungkin ini orang Amrik yang bisa bahasa Indonesia atau orang Indonesai yang sedang tinggal di Amrik sono…

Inti dari tulisan saya diatas adalah, jadilah diri sendiri dan biarkan orang yang suka dengan kepribadian anda, menemukan anda..

Semacam kalau anda mau mengajak teman untuk mancing ikan pilih teman yang suka mancing juga jangan ajak orang yang suka shoping bisa-bisa baru 15 menit naruh joran dia sudah ngajakin pulang, nggak serukan…!!

Jadi siapapun diri anda, seperti apapun diri anda, berapa banyak kekurangan yang ada pada diri anda, jangan pedulikan, gali potensi dari sisi lain kehidupan anda, karena saya yakin semua manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing explore kelebihan yang anda miliki, tunjukan pada khalayak dan tunggu sampai orang menemukan kita…

Sebagai penutup saya beri tiga ilustrasi,

  1. Saya pernah lihat di TV seorang pelukis yang melukis menggunakan kaki karena tidak punya tangan , dan lukisannnya laku…
  2. Saya juga pernah lihat di TV seorang pemain ketoprak yang juga tidak memiliki tangan karena di amputasi, bisa hidup bahagia, berperan sebagai prajurit yang berperang.
  3. Mungkin anda juga pernah lihat di acara kick Andi orang yang kakinya diamputasi dan akhirnya membuat usaha kaki palsu dan banyak menolong orang yang senasip secara cuma-cuma, dia jadi bos, dan karyawannya orang normal..

Begitulah diri kita seharusnya “be your self..”

Komentar
  1. mnrp mengatakan:

    nice post…
    suntikan semangat baru nih
    thx ya

    Replay :
    Sama-sama

  2. suklowor mengatakan:

    he..he.. aku baru tahu kalau ternyata artikelku bisa dibaca dalam bahasa inggris, aku tahu tadi waktu aku buka “Who’s Among Us” muncul satu link artikel tapi kok nggak aku kenal, ini artikel siapa ?, penasaran aku klik aja… eh ternyata artikelku versi bahasa inggris… kok bisa ya padahal aku nggak pasang Widget translater.. pakai program apa dia ya…

  3. etikush mengatakan:

    sama donk…
    arsip tulisan saya lumayan bikin pusing…
    Tapi klo puisi sih kebanyakan puisi caci maki…
    Jadinya gak layak tampil…
    Terlalu banyak kata yang harus kena sensor…
    Akhirnya cm pantun yang tersisa….
    Dan yang bikin aneh, saya punya banyak arsip cerpen yang gak ada ujungnya.
    Sebenernya sih, uda ada kerangkanya, tapi saya gak tahan nulis panjang…
    Bosen…

  4. suklowor mengatakan:

    Cerpen ya… wah aku pingin banget nulis cerpen tapi susah banget. aku lagi nulis 1 aja nggak selesai-selesai targetku sebenarnya 8000 karakter baru dapat 6000an karakter…

    Puisi…
    Aku pikir nggak pa-pa mas caci kadang kalau mau ngasih tahu orang lewat sindiran nggak kena, ya dicaci maki aja… tulisanku juga banyak caci maki terutama untuk birokrasi..

    thanks yo mas…

  5. etikush mengatakan:

    tapi kan ga enak ama “seseorang” yang menjadi inspirasi puisi tsb.
    Soalnya kan bukan gak mungkin orang itu liat blog saya…
    Dan yang bikin saya makin gak mau menampilkan, soalnya orang2 sekampus ngeh banget ama “masalah” saya dan “dia”….
    Hmmmmmmmm…..
    mending buat arsip aja deh….
    Lebih aman…. hehehe….

  6. suklowor mengatakan:

    wah kalau masalah pribadi ya… jangan di tampilin ntar ada perang dunia ke dua he..he..

    kirain untuk bangsa yang ancur ini…

  7. etikush mengatakan:

    ke dua bukannya uda…
    dan menurut saya sih, bangsa ini gak ancur kok…
    cuma penyakitan doank…. hehehe….

  8. suklowor mengatakan:

    ya itu tadi mas.. kalau di sindir penyakitan nggak kena…. ya di umpat aja dengan kata ancur…🙂

  9. proyekkayarini mengatakan:

    mmmm klo di blogku bukanlah diriku seutuhnya tu..
    just unek2 ja.. penghilang stressku
    sama kyk etikush… kebanyakan tulisanku about love
    so mending tuk konsumsi sendiri ja lah
    klo puisi bukan bidangku..hehehe
    desain is my life..tp klo ditampilin takut banyak plagiat.. halah sok keren aku:mrgreen:

  10. ria manies mengatakan:

    Sip pak… motivasinya.. terimakasih dah mamapir ke blog ku…

    Aku embacanya dari atas pe bawah… Setuju bbanget dengan sikap kita… bahwa kita harus menjadi diri sendiri… dalam batin kecilku pun sekarang ini masih emnyisa rasa minder bin malu dengan hasil karyaku… terima kasihhh semangatnyaaaa

  11. suklowor mengatakan:

    @Rhinie
    Setuju deh Rin… emeng cocok blog sebagai obat stress.. he..he.. manjur buanget

    @Ria Manies
    Sama-sama, tapi sepertinya gaya berpuisi kita hampir sama ya… maen di kesederhanaan.. kadang ada yang buat puisi tapi kita yang baca susah mengartikan seperti sering yang di tampilin di kompas minggu itu…

    tetep semangat berkarya ok…

  12. bagusweda mengatakan:

    mas, jati diri kita telah hilang, mari kita gali kembali,untuk generasi kita,biar ngak jadi bangsa penyontek dan peminta-minta, artikel dan puisi sangt bagus. tks mampir ke http://www.bagusweda.wordpress.com

  13. hmcahyo mengatakan:

    hmmm setiap orang unik dan setiap orang punya kelebihan

    http://ibsn.web.id/anda-adalah-magnet

  14. Kurnia Rahmat mengatakan:

    bagus juga ya..untuk motivasi diri agar bisa cuek bebek.. dan prinsip “emang gua pikirin”, yang penting bisa berkarya walau dianggap nora.. tapi terkadang susah juganya..untuk bisa seperti itu, ..kalo puisi kan sangat relatif kemampuan orang untuk mencerna makna kata-katanya..nah gimana kalo nyanyi diantara orang banyak…..

    Replay:
    makasih mas dah mampir dan mengomentari…

    kalau nyanyi didepan orang banyak anggap aja nanam tomat mas… nah kalau dilempar tomat.. berarti dah panen

Tinggalkan Balasan

