JANGANKAN RAKYAT (artikel 21)

Posted: 26 Maret 2009 in ARTIKEL
Tag:, , ,

JANGANKAN RAKYAT….

JANGANKAN RAKYAT

JANGANKAN RAKYAT

Gambar diatas sengaja saya pakai untuk menggambarkan salah satu bentuk keserakahan yang bisa menyebabkan berkurangnya bahkan hilangnya rasa empati orang terhadap sesamanya.

Dua karakter di komik itu yaitu paijo dan klowor, yang dalam tulisan-tulisan saya sebelumnya, saya gambarkan sebagai teman karib, sahabat bahkan bisa saya katakan sebagai saudara karena keduanya memang tokoh rekaan saya bahkan bisa dikatakan mereka adalah saya, sebagai karakter yang berbeda, yang dalam perjalannya bisa berubah 108o, lihat saja dalam gambar itu paijo akan tega menenggelamkan klowor ke laut alias membunuhnya kalau saja klowor menemukan uang RP. 1 miliar, bukannya di syukuri dan kemudian di bagi dua, yang saya yakin uang ½ miliar sudah sangat cukup bahkan lebih bagi kehidupan se-level klowor dan Paijo.

Begitulah fenomena yang kerap terjadi di ranah Indonesia, semacam kasus tertangkapnya tersangka koruptor Abdul Hadi Jamal beberapa waktu lalu, Abdul Hadi yang seorang terhormat dan berstempel martabat telah tega menghianati amanat pemilihnya yang dia dapat dalam pemilu 2004 yang lalu, dengan iming-iming uang tunai senilai 1 miliar lebih dikit, maka dia lupa siapa itu rakyat peduli amat mereka sengsara, yang penting secara individu atau kelompok dia bahagia.

Dan itu hanyalah fenomena gunung es, yang terjadi mungkin jauh lebih banyak orang semacam Abdul Hadi Jamal itu bertebaran di seantero bumi persada, bahkan kandidat berikutnya bisa saja wajahnya sedang nampang di pinggir jalan yang kita lewati setiap hari. Dari situ maka jangan heran jika kesan masyarakat bahwa orang-orang terhormat baik dilembaga lagislatif maupun exsekutif itu semua berprilaku buruk, cuma belum semua kebongkar boroknya, atau mereka memang lebih pandai menyimpan borok, pemahaman semacam itu yang memicu masyarakat skeptic pada gelaran pemilu dibulan april mendatang jadi perlu dimaklumi kalau banyak orang termasuk saya menyatakan secara terang-terangan untuk memilih tidak memilih alias golput.

Kalau mereka tidak peduli dengan rakyat kenapa kita harus peduli dengan meraka, meskipun saya tetep memantau siapa tahu saya masih bisa menemukan calon yang pantas saya beri amanat.

Biarlah saya dikatakan tidak peduli dengan nasib bangsa ini, tapi saya sendiri mengatakan bahwa kepedulian atas bangsa tidak hanya tercermin dalam kita tidak menjadi golput, banyak hal lain yang bisa kita lakukan, menulis di blog dengan tujuan mengembalikan idealisme pengelola bangsa yang amburadul menjadi lurus kembali, menurut saya juga merupakan salah satu bentuk kepedulian. Bekerja dengan tekun dan jujur serta maksimal dibidang kita masing-masing hingga kita bisa membantu membangun ekonomi bangsa juga bentuk kepedulian terhadap bangsa.

Toh, kalau saya golput DPR tetep akan terbentuk, presiden tetep menjadi Presiden dan semoga tidak banyak orang seperti saya.
Bagi anda yang sudah menetapkan pilihan karena nurani dan bukan karena politik uang saya ucapkan selamat dan gunakan hak pilih anda dengan baik dan benar.

Pesan saya jangan sampai memilih caleg yang punya bibit-bibit menjadi koruptor yang tandanya diantaranya adalah caleg yang menghalalkan money politic, atau mereka yang menebar spanduk tanpa ijin pemda, itu adalah bentuk korupsi jadi jangan pilih mereka meski skalanya kecil, tapi tetap saja kalau orang sudah memberi toleransi untuk yang kecil maka lama-lama gede juga korupsinya.

Komentar
  1. geRrilyawan mengatakan:

    dengan gaji anggota dewan dan segala tetek bengeknya yang sak hohah itu ya pastinya bikin ngiler, apalagi dengan dibukanya keran demokrasi dimana siapa saja berhak mencalonkan asal didukung….ajang pemilu jadi macam undian berhadiah begini.

    ah mungkin cuma pikiran jelek saya aja, moga -moga nggak gitu ya mas…

    Replay:
    Bener juga mas…. tapi kalau saya menilai kok mirip Bisnis.. Multi Level Top-nya calon presiden… Downline berikutnya DPR Pusat… Turun lagi DPRD Propinsi… berikut DPRD Kabupaten… nah kita konsumen yang selalu kena harga barang mahal yang di bagi2 anggota MLM itu mas… mungkin sih…

  2. komuter mengatakan:

    ya benar,
    tapi saya tidak golput. biar tetap ada pemerintahan.

    Replay:
    Sip dah…

  3. etikush mengatakan:

    suka-suka loe aja…
    tokh itu hidup loe ini…

    Replay:
    Yup…

  4. cantigi mengatakan:

    politik & sistem memang selalu menyebalkan ya..

    Replay:
    Sekarang iya mas.. tapi tidak mustahil untuk dibenahi kok…

    makasih dah mampir mas… saya lama nggak blogwalking, kerjaan sibuk2nya sih mas

  5. etikush mengatakan:

    “Kalau mereka tidak peduli dengan rakyat kenapa kita harus peduli dengan meraka,”
    wow!!!

    lalu apa bedanya “mereka” dan “kita”?
    hehehehe….

    Replay:
    Masalahnya kepedulian itu bagian dari tugas dan tanggung jawab mereka… mereka dibayar untuk itu…🙂

  6. etikush mengatakan:

    “Biarlah saya dikatakan tidak peduli dengan nasib bangsa ini,”

    artinya anda mengakui bahwa golput adalah adalah bentuk “tidak peduli”?

    Replay:
    Banyak orang mengatakan demikian.. maka ungkapanku itu untuk mereka….

    • etikush mengatakan:

      berarti menurut loe, loe golput, karna loe peduli?

      jika memang loe nganggap bahwa golput adalah bentuk dari kepedulian, bukannya loe harus mengharapkan lebih banyak orang yang golput?
      (golput=peduli)

      tapi kok loe malah ngomong,
      “semoga tidak banyak orang seperti saya”

      gw gak ngerti deh…
      ataw mungkin bodo gw adalah stadium 4

      Replay:
      Tolong dibaca ulang…

  7. etikush mengatakan:

    “Kalau mereka tidak peduli dengan rakyat kenapa kita harus peduli dengan meraka,”

    anda tidak perlu peduli dengan mereka….
    tidak ada seorang pun yang meminta anda untuk peduli pada mereka….

    cukup peduli pada bangsa ini, itu saja sudah cukup…

    (bukan hanya peduli pada rasa kecewa anda)

    Replay:
    Rasa keceweku muncul karena ketidak pedulian mereka terhadap nasip rakyat.. itu aja

  8. etikush mengatakan:

    “menulis di blog dengan tujuan mengembalikan idealisme pengelola bangsa yang amburadul menjadi lurus kembali, menurut saya juga merupakan salah satu bentuk kepedulian.”

    sayangnya saya menulis diblog agar saya bisa menjaga idealisme saya sendiri….

    dan tentunya karna saya menulis untuk saya, bukan untuk pengelola bangsa, apakah hal itu menjadikan saya dalam golongan yang tidak peduli pada bangsa???

    Replay:
    Tergantung isi tulisannya… ingat slogannya Koran Tempo.. aku agak lupa tapi iklannya sering muncul di TV sekarang

  9. etikush mengatakan:

    “Toh, kalau saya golput DPR tetep akan terbentuk, presiden tetep menjadi Presiden”

    maksudnya kalo anda sendirian yang golput????????

    Replay:
    seperti tulisan saya diatas, itu hanya harapan saya, semoga cuman saya sendiri…

    • etikush mengatakan:

      golput=peduli

      kayaknya sih emang cuman loe doanks yang peduli ama bangsa…

      soalnya gw kan pedulinya ama para binatang…

      Replay:
      Tolong baca ulang… sepertinya nggak seperti ini konteks yang saya utarakan

  10. etikush mengatakan:

    “semoga tidak banyak orang seperti saya”

    kata-kata anda mengingatkan saya pada kata-kata seorang pria yang menyesal karna telah melakukan kesalahan dan berharap semoga tidak ada orang lain yang mengikutinya

    Replay:
    Benar, Saya berharap hanya saya yang belum bisa melihat ada caleg dan wakil rakyat yang pantas saya beri amanat.. (seperti tertulis diblog saya diatas) kalau ada orang lain yang sudah ketemu orangnya, saya justru memberi selamat…

  11. etikush mengatakan:

    suatu hari gw maen ke kampung nyokap.

    di sebuah pertigaan ada tukang rujak bebek (tumbuk).

    gw beli. gw tanya harganya, dia bilang harganya adalah 2000rupiah.

    gw membayar, dan tahukah kamu bahwa ketika ada orang laen yang beli (orang asli kampung disitu) harganya menjadi 1000rupiah. (porsi sama banyak)

    apakah hal tersebut bisa dikatakan korupsi????

    menurut saya, itu adalah sebuah penggelembungan harga.

    walaupun hanya 1000rupiah, tapi masalahnya saya belajar mengenai persentase.

    dan saya tahu bahwa penggelembungan harga yang telah terjadi adalah sebesar 100persen.

    pernahkah mendengar sebuah penggelembungan dana sampai 100persen????

    jika uang 1000rupiah aja membuat dia ingin menggelembugkan harga, terbayangkah jika dia diberi proyek bernilai triliunan rupiah???

    saya gak terlalu suka meributkan koruptor,
    saya gak suka mencaci maki koruptor,
    saya gak suka memberi tatapan sinis pada koruptor.

    karna saya tahu, saya juga tidak bisa menjamin bahwa saya tidak akan tergoda untuk tidak korupsi, jika saya diberi kesempatan (diberi kepercayaan) untuk megelola uang dengan jumlah yang besar.

    dan biasanya korupsi seringkali berawal dari rengekan istri yang pengen suntik botox, pengen facial emas, pengen perhiasan berlimpah…
    anak yang pengen hape/motor/mobil baru…

    kita berdua sama-sama belum berkeluarga, jadi kita berdua sama-sama belum tahu tipikal pasangan sepertia apakah yang akan kita dapatkan…

    seorang teman yang berjenis kelamin pria,
    dia sangat memegang idealisme,
    gemar mencaci maki pejabat dan lainnya,

    sampai akhirnya dia menikahi seorang wanita yang tidak pernah puas dengan harta,
    dan dia pun menjadi koruptor pula,

    awalnya korupsi hanya untuk memenuhi keinginan istrinya,
    lalu dia korupsi untuk menuruti semua keinginan anaknya yang masih kecil,

    dan saat ini dia korupsi untuk memenuhi keinginan anak, istri dan wanita simpanannya.

    semoga saja hal tersebut tidak terjadi pada anda.

    Replay:
    Soal penjual rujak, dia tidak korup.. itu hanya strategi market dia.. dia tidak salah, toh paling anda hanya beli sekali, dan kalaupun tidak akan beli lagi karena harga mahal itu sudah diperkirakan dia.

    Soal ke depan… kita memang tidak pernah tahu… soal rengekan istri.. Rasulullah sudah memberikan banyak tuntunan memilih istri yang baik, dan pantas di jadikan pendamping hidup. supaya nggak gampang merengek seperti bebek…

  12. etikush mengatakan:

    ” kalau orang sudah memberi toleransi untuk yang kecil maka lama-lama gede juga korupsinya.”

    saya setuju dengan anda, dan saya sangat bersyukur karna penjual rujak bebek (tumbuk) tersebut tidak mencalonkan diri menjadi caleg

    Replay:
    Maaf saya mengulang jawaban saya diatas bahwa apa yang dilakukan penjual rujak itu bukan korupsi.. itu hanya strategi dagang dia…

    • etikush mengatakan:

      sebuah toko bangunan mendapatkan order untuk merenovasi sebuah sekolah.
      karna mengetahui itu adalah proyek negara, maka toko bangunan pun menaikkan harganya. karna dia tahu, hari gini, jarang2 ada sekolah yang direnovasi.

      Replay:
      itu juga nggak apa2… yang jadi masalah kalau penerima tender (pembeli bahan material) untuk keperluan pembangunan gedung melakukan Mark Up…

      kalau penerima tender tetep belanja ke toko yang mahal itu berarti dia yang bodo…

  13. soyosoewoeng mengatakan:

    haruskah bikin partai golput?

    Replay:
    Nggak perlu mas… saya dan kita hanya tinggal menuggu dan berharap adanya orang yang bisa dipercaya untuk mengelola bangsa ini dengan benar…

  14. suwung mengatakan:

    kapan ada orang yang becus memimpin negeri ini yah?

    Replay:
    Pokoke manut gusti Allah wae lah mas, penak kui

  15. cantigi mengatakan:

    itu blog sesorang yg saya sayangi, eh knapa kita ga ceting aja? ini id sy planet.ibsn

  16. etikush mengatakan:

    “Abdul Hadi telah tega mengkhianati amanat pemilihnya”

    ngomong2 soal amanat, gw punya cerita soal temen gw yang anak pesantren, entah pesantren apa, yang jelas bukan semacam MTs, dia bilang sih pesantren yang bisa buat semua kalangan, gw gak tau deh pesantren apa-an (maklum gw gak ngerti soal2 pesantren)…

    teman gw ini diberi amanat oleh ALLAH SWT, Tuhan Semesta Alam,
    salah satu amanat (amanah) yang diberikan oleh ALLAH SWT adalah paru-paru,

    ALLAH SWT memberikan amanah paru-paru ini dalam keadaan baik, dan teman gw ini mengkhianati amanah ALLAH SWT tersebut dengan merusaknya….

    boror-boro menjaga amanah, temen gw ini justru dengan sengaja mengalokasikan dana 42ribu perminggu untuk merusak amanah dari ALLAH SWT….

    temen gw ini juga mengatakan bahwa wanita yang merusak amanah dari ALLAH SWT, adalah sexy…

    tapi gw sangat heran saat temen gw ini memutuskan untuk golput, karna orang yang diberi amanah, seringkali mengkianati amanah yang diberikan oleh rakyat….

    bagaimana menurut pendapatmu tentang teman gw yang aneh ini????

    Replay:
    itu sepertinya emang saya… cuman kebetulan saya masih bisa ngeles.. “sepanjang tidak menyangkut hajat hidup orang banyak, & ngrokoknya ndak di tempat umum” nggak apa2

    • etikush mengatakan:

      seorang manusia yang diberi kehidupan dan rezeki oleh ALLAH SWT, mengatakan bahwa

      “saya memang mengkhianati ALLAH SWT, tapi sepanjang tidak menyangkut hajat hidup orang banyak, & berkhianatnya ndak di tempat umum” nggak apa2…

      yang pengen gw garis bawahi adalah merokok atawpun koruptor, memiliki sifat dasar yang sama, pengkhianatan terhadap amanah.

      ketika seorang wakil rakyat berkhianat terhadap amanah, lalu rakyat pun sebagai pemberi amanah, menjadi tidak peduli pada wakil rakyat tersebut (dengan golput).

      ketika manusia berkhianat terhadap amanah dari Penciptanya, lalu apakah yang akan terjadi?

      Replay:
      Saya punya kakek, perokok berat, bisa hidup sampe 80 tahunan.. eyangya temenku perokok hebat juga… bahkan rokok tradisional tanpa saringan bisa hidup hampir 100 tahun… gimana menurut anda?

  17. etikush mengatakan:

    jika ada manusia yang berani mengkhianati amanah dari Maha Pencipta dan Maha Penguasa, masih pantaskah orang tersebut mencaci maki pengkhianat amanah rakyat???

    Replay:
    Tergantung kadarnya….

    • etikush mengatakan:

      kadar apa-an? gak ngerti….
      cara ngitung kadarnya pake persentase atau pake apa?
      ajarin gw cara ngitung kadarnya dengan sungguh2, karna gw orang bodo

  18. etikush mengatakan:

    jika ada manusia yang dengan penuh rasa bangga mengalokasikan dana 42ribu rupiah per minggu untuk mengkhianati (merusak) amanah dari Maha Pemberi rezeki, masih pantaskah orang tersebut menghakimi manusia lain yang mengkhianati amanah rakyat???

    Replay:
    maaf, dibaca lagi jawaban saya diatas ya…🙂

  19. etikush mengatakan:

    jika ada seorang manusia yang mengatakan bahwa wanita yang merokok (mengkhianati amanah) dari ALLAH SWT adalah sexy,
    lalu mengapa pula disaat yang hampir bersamaan dia mencaci maki pengkhianat amanah rakyat????

    Replay:
    Saya tidak pernah mengatakan demikian…

  20. etikush mengatakan:

    lalu apakah gerangan alasan sebenarnya seseorang menjadi golput???

    apakah gerangan alasan sebenarnya seseorang mencaci maki orang lain???

    apakah mencaci maki orang lain karna menganggap dirinya benar, dan yang lain salah??

    sepertinya benar apa kata pepatah…

    upil di sebrang lautan keliatan, tapi tai mata punya sendiri gak keliatan…

    Replay:
    ini tidak perlu saya jawab di sini, karena di beberapa tulisan saya sudah saya jelaskan panjang lebar, termasuk ditulisan saya diatas, mohon ditelusur lebih seksama

  21. etikush mengatakan:

    hehehe…
    beda persepsi memang sah-sah aja…

    tapi kalo golput tidak sah-sah aja….

    Replay:
    Menurut Undang-undang sah kok…

  22. yoan mengatakan:

    sayah… tadinya mau golput…

    tapi ngga tau juga nih bakal berubah apa engga…

    soalnya…

    saya pikir2 lagi, kenapa saya nggak ikut kasi kesempatan sama yang paling sedikit bikin masalah en lumayan ‘bersih’…

    siapa tau bisa merubah keadaan…

    siapa tau semakin banyak orang yang berusaha ‘bersih’ di kabinet, bisa mengubah keadaan…

    siapa tau kan…

    dalam hidup ini, kita toh nggak boleh berhenti berharap…

    *it’s just my humble opinion as a ordinary people…*

Tinggalkan Balasan

