KERJA KERAS, KEBERUNTUNGAN ATAU TAKDIR (Artikel 23)

Posted: 8 Mei 2009 in ARTIKEL
Tag:, , , , , , , , ,

KERJA KERAS, KEBERUNTUNGAN ATAU TAKDIR

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 1 Mei 2009 saya menonton acara Kick Andy yang di asuh oleh bang Andi F Noya tentang orang-orang yang sukses dengan dunia yang di gemari, sebagai contoh orang yang suka maenin botol (bartender) bisa keliling dunia hanya untuk maen botol. Atau seorang scater yang hidup cuman main papan luncur bisa punya rumah & mobil dari perusahaan yang menjadikan dia image dari produknya, bahkan juga bisa keliling dunia, sampai menjadi juara dua se kejuaraan se Asia Pasifik. Atau pemain yoyo yang dapat job ngedesain yoyo karena keahliannya memainkan yoyo bahkan pernah main yoyo 30 detik dibayar 10 juta. Atau tukang gambar cript film dan iklan yang taripnya setiap 30 detik seharga Rp. 1,8 juta.

Saya heran, lalu muncul sebuah pertanyaan dalam benak saya apakah ini kerja keras, keberuntungan atau takdir? Kalau kerja keras kurang keras apa kerja tukang batu atau tukang becak? Kalau keberuntungan dan takdir atau kombinasi keduannya alangkah tidak adilnya tuhan hanya memberikan takdir dan keberuntungan kepada segelintir orang saja, padahal belum tentu mereka melaksanakan perintah-Nya

Fikiran seperti itu menyerang saya sehari semalam penuh, bahkan sempat mengacaukan pekerjaan saya, belum juga saya menemukan jawaban dari kegalauan saya Alhamdulillan iseng saya beli koran sepulang kerja, kebetulan koran yang aku beli adalah harian Kompas, saya memang punya kebiasaan beli koran sore hari karena lebih murah.

Ternyata Alhamdulillah itulah jalan Allah SWT menjawab pertanyaan konyol yang berkecamuk dalam fikiran konyol saya ber ulang saya berucap istiqfar. Ada 2 artikel yang didalamnya terdapat kisah-kisah yang bisa membuka pikiran saya tentang hubungan akan tiga hal yang saya tanyakan diatas, sehingga saya bisa menarik benang merah antara Kerja Keras, keberuntungan dan takdir atas sukses dan gagalnya seseorang.

Dua artikel itu adalah : yang pertama terletak di halaman 21 dengan judul “Febri Mengangkat Martabat Singkong” di situ diceritakan tentang kesuksesan Febri Triyanto (27) sang pemilik bisnis waralaba Tela-Tela yang omset perbulannya mencapai 2,5 s/d 3 Miliyar Rupiah. Febri yang awalnya merintis bisnis Tela-Tela saat masih kuliah di UGM (Universitas GajahMada) Yogyakarta, terdesak masalah ekonomi dan berusaha untuk melepaskan diri dari jeratan ekonomi dengan cara membuka usaha, jangan dikira bahwa febri langsung sukses dengan bisnis Tela-Telanya itu, selain pernah diusir oleh petugas keamanan kampus, ternyata bisnis tela-tela ini melalui proses yang panjang termasuk beberapa kali gagal dalam bisnis yang dirintis sebelumnya.

Yang kedua dan sebagai pendukung Artikel pertama adalah artikel di halaman Karier (33) berjudul “Think Big” yang sedikit menceritakan kesuksesan seorang ibu untuk menjalankan jualan bisnis bumbu pecel, awalnya diceritakan bahwa sang ibu itu sebenarnya hanya karyawan kantoran biasa tapi sambil bekerja di kantornya dia nyambi jualan bumbu sambel pecel, awanya hanya untuk temen-temen kantornya lalu berkembang kepada saudara dan temen dari temen kantornya tadi, melihat bumbu sambelnya laku dan banyak peminat maka sang ibu lalu memberikan merk dan menjual dengan cara konsinyasi di swalayan-swalanyan, karena dianggap bahwa bisnis ini sukses maka dia putuskan untuk meninggalkan kerjaan kantornya dan memilih menekuni bisnis bumbu pecel.

Orang seperti saya yang tidak mengenal awal perjuangan kedua pebisnis sukses itu pasti berfikir bahwa mereka adalah orang yang beruntung dan memiliki takdir yang baik, hingga kita tidak berani untuk mencoba sesuatu yang baru, dan hanya pingin selalu berada di comfort zone, tapi setelah mengetahui cerita kesuksesannya kita baru sadar bahwa seorang sukses itu berawal dari kerja keras sehingga bisa menemukan keberuntungan dan takdirnya. Contoh lain tentang hal ini mungkin kisah sukses om Bob Sadino, yang sukes dimulai dari jualan telur, yang sebelumnya sempat menjadi kuli bangunan.

Satu hal lagi disamping kerja keras ada faktor pendukung kerja keras itu, yaitu Bakat atau minat, kenapa faktor ini bisa mendukung pencapaian Takdir gilang-gemilang seperti diatas? begini, saat orang bekerja keras pasti ada saatnya mencapai titik bosan atau kebimbangan terutama saat grafik pencapaian nya mendatar atau bahkan menurun, tapi kalau kerja keras yang dia lakukan mempunyai dasar bakat & minat, maka level kebosanan nya menjadi jauh berkurang, sehingga menjadikan orang tersebut lebih tahan banting.

Sebagai contoh kalau kita lihat scater di acara Kick Andy diatas, saat belajar mungkin dia sempat jatuh, lecet bahkan patah tulang, bagi orang yang tidak punya minat dengan papan seluncur jangankan mengalami membayangkan saja sudah ngeri, so nggak akan pernah sukses tentunya.Begitu juga seorang pengusaha, pasti pernah rugi, bahkan sempat bangkrut, tapi tetep saja nekat dan akhirnya sukses, lha kita mau sukses dari mana membayangkan kerugian atau kebangkrutan saja sudah pingsan.

Intinya saya yakin tidak ada orang yang lahir langsung sukses, kalaupun ada itu saya yakin karena warisan, tapi ingat warisan itu adalah hasil kerja keras dari orang tuanya, tetep ada unsur kerjakerasnya berarti perlu sebuah KERJA KERAS sehingga merubah KEBERUNTUNGAN kita lalu TAKDIR BAIK mengikutinya..

Komentar
  1. kezedot mengatakan:

    pagi yang cerah bang…..
    aku setuju.tak ada yg lahir langsung sukses tanpa ada usaha ,kemauan serta sekali lagi takdir tuk jadi orang sukses………..
    salam hangat dalam dimensinya blue

    pa cabar?

    Replay:
    Kabar baik mas blue.. makasih dukungannya..

  2. Blogger Senayan mengatakan:

    apa kabar mas
    keberuntungan akan tunduk pada takdir, takdir akan tunduk pada……….
    heheheh
    tx

    Replay:
    makasih mas dah mampir…

  3. PendekarKodokBLOG mengatakan:

    Mampir.. numpang baca dan nambah Elmu….

    Replay:
    trimakasih dah mampir

  4. geRrilyawan mengatakan:

    orang-orang itu punya kemampuan melihat kesempatan dan punya determinasi tinggi untuk memanfaatkan kesempatan itu dengan baik…

    coba kalo saya dikasih yoyo, dua jam udah bosen dan males nyari trik-triknya. determinasi kurang…😀

    Replay:
    bener banget mas… setuju saya

  5. itempoeti mengatakan:

    wajibnya manusia adalah ightiyar.., ightiyar.., dan ightiyar…

    hasil adalah kuasa Allah…

    karena hanya Dia yang tahu apa yg terbaik bagi umatNya…

    Replay:
    iya mas setuju saya…

  6. grubik mengatakan:

    katanya keberuntungan berpihak pada orang-orang yang berani, berani kerja keras…

    tur ya nek durung keras kan rung iso dinggo kerjo je kang…

    Replay:
    Nek lanang mas… nak wedok? hehe

  7. fachri mengatakan:

    sip..

    Replay:
    Yup..

  8. suwung mengatakan:

    sayang kadang orang melihat ketika sukses saja dan mencibir
    mereka ngak tau cara menjadi sukses itu gimana

    Replay:
    Betul itu mas…. setuju saya

  9. dobleh yang malang mengatakan:

    malam bang……….
    main ke gardunya blue agi yuk
    ketawa ketiwi lagi yuk………….
    salam hangat sellau

    Replay:
    Meluncur…..

  10. Mas Her mengatakan:

    Orang yang beruntung biasanya orang yang suka bekerja keras dan pantang menyerah…

    Replay:
    Betul itu mas… setuju saya…

  11. bluethunderheart mengatakan:

    selamat siang sahabat
    pa cabar?
    main ke gardunya blue lagi ok
    salam hangat selalu

    Replay:
    Kabar baik mas blue, siap…

  12. kezedot mengatakan:

    malam sahabat.
    semoga selalu menghargai waktu yg engkau milki ya
    salam hangat dalam dimensinya blue

    Replay:
    Trimakasih mas…

  13. munyukmentel mengatakan:

    Kerja keras itu wajib pastinyah… Tp soal hasil itu wajib juga diserahkan pada keputusan takdir… dan faktor keberuntungan sepertinya jg sedikit ambil bagian dalam soal kesuksesan…😀

    Replay:
    Bener mas…. makasih ya

  14. kangBoed mengatakan:

    *ngelirik atas*..
    setuju dukung mas Munyuk… mentel…
    “Ora et Labora”
    bekerja sekuat tenaga… sekuat fikiiir… sekuat usaha… tetapi dalam kepasrahan… biar semua kita kembalikan kepadaNYA… dalam keheningan.. yayaya…
    Salam Kenal Kembali
    Salam Sayang

    Replay:
    Makasih masBoed…

    Salam

  15. dobleh yang malang mengatakan:

    blue mau kerja keras nich biar dapat banyajk……….
    salam hangat selalu

    Salam hangat mas blue

  16. evy mengatakan:

    Salam kenal mas..
    Memang dalam hidup kita harus berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.Stiap orang pasti bisa jika ada kemauan dan mau berusaha,tentu aja dibarengi dengan doa.Itilahnya semua yang ada di dunia ini kan gak ada yang instan,emang mie instan??hehe
    Salam persahabatan

    Replay:
    Bener itu mbak evy.. harus ada ikhtiar… salam persahabatan

    makasih dah mampir

  17. NNM mengatakan:

    siiiiiip!

  18. Anonim mengatakan:

    Memang kadang kita bertanya dalam hati, ya kena apa ya seseorang itu sukses padahal dia begini dan begitu…, yang jelas sukses adalah tidak mengenal begini dan begitu, yang ada ialah ” BELAJAR, BERBUAT SESUATU YANG MENJADI KEINGINANNYA, BEKERJA KERAS, DAN PALING PENTING ADALAH SERTAKAN DO’A DIDALAMNYA, AGAR KITA TIDAK MENJADI ORANG YANG SOMBONG KARENANYA ” by : DLU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s