SAJAK NESTAPA Jilid 3 (puisi 40)

Posted: 17 Agustus 2009 in PUISI
Tag:,

SAJAK NESTAPA Jilid 3

Kami langsung bubar,
Saat seret sandal nestapa sayup terdengar
Kami langsung lari
saat nestapa menghampiri.

Kami berlari menelusuri gang-gang kecil penuh anjing dan tikus yang rakus menggerogoti bangsa ini, juga hati kami.

Sesampai di persimpangan, kami tambah bingung kemana arah yang hendak kami tuju, sebab tidak kami temukan tulisan iba tercetak dalam papan penunjuk arah yang teronggok resah, kami hanya menemukan tulisan Barat, Timur, selatan dan utara, yang dalam benak kami menjelma :
Ke Barat, sesat penuh muslihat
Ke Timur, lacur menuju hancur
Ke Selatan, penuh setan siap menerkam
Ke Utara celaka, didih nanah seribu luka.

Kami lalu mencoba bertanya arah pada nurani yang mawujud dalam sosok nenek renta menggendong ember berisi batu-batu bertulis duka, kami tidak tahu batu-batu itu milik siapa. Yang membuat kami heran bisakah duka menjelma batu yang tak mampu lebur ditempa waktu.

“Ikutilah jalan itu nak, pilih saja salah-satu, daripada kalian akan menjelma batu dan menambah beban gendonganku, sebab kalian tidak akan menemukan Iba yang sekarang lebih berpihak pada durhaka” jawab nurani

Kami belum juga beranjak, sampai satu pertanyaan lain muncul, “lalu hendak kau bawa kemana batu-batu itu nek?Ke Surga, jawab nenek nurani itu singkat
Kamipun terkesiap

Yogyakarta, 28 Juni 2009

BACA JUGA :
Sajak Nestapa, jilid 1
Sajak Nestapa, jilid 2

Komentar
  1. cupang mengatakan:

    dalam satu kalimat masih menggunakan kata yang punya arti sama, jika dihilangkan punya maksud sama

    Replay :
    makasih pak cupang… ku tunggu editannya ya…

  2. KangBoed mengatakan:

    Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    Replay:
    sama-sama Kang.. begitu juga maapin diriku ya…
    Salam

  3. geRrilyawan mengatakan:

    waduh…banyak perumpamaan nih ya mas…
    semua arah kok nggak enak gitu…berarti harus ke…….atas!😀

    Replay:
    setuju mas Yoso.. mumpung mau bulan suci Romadlon…😀

  4. aziz mengatakan:

    ke tenggara,
    akan ketemu tetesan surga yaitu indonesia

    Replay:
    Bagi sebagian orang mas….

  5. antokoe™ mengatakan:

    mumpung lagi mampir, selamat berpuasa, mohon maaf lahir batin

  6. bluethunderheart mengatakan:

    bang
    comandnya nanti
    blue pamit dulu yah
    maaf jika blue bikin abang kesal
    salam hangat selalu

  7. kezedot mengatakan:

    wah jika saja blue he salah kezedot bertada di dekat abang ku ini pasti langsung aku kasih buku buku karya tagore si penerim,a nobel sastra itu
    hebat karya karyanya
    salam

  8. Pasang Iklan Gratis mengatakan:

    Waduh saya kurang begitu paham, mungkin karena yang jilid 1 dan 2 tidak baca kali ya?
    selamat menjalankan ibadah puasa aja.
    semoga tidak malas-malasan ngeblog walau sedang uasa..
    Semangat!
    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

  9. bluethunderheart mengatakan:

    selamat malam bang
    sehat selalu yah
    met berpuasa
    salam hangat selalu

  10. KangBoed mengatakan:

    Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllll

  11. bluethunderheart mengatakan:

    semangat yuk ach heheh……
    salam hangat selalu

  12. etikush mengatakan:

    oh, jadi tuh nenek punya peta jalan ke surga?
    pengen dunkz…

  13. KangBoed mengatakan:

    MAS SUKLOWOR KEMANA SAJA YAAAAA

  14. KangBoed mengatakan:

    SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  15. etikush mengatakan:

    td gw naek bis, ada yang nyemok.
    nah, berarti kan gw jadi perokok pasif,
    puasa gw batal gak?
    klo batal gw mau minum sekarang juga, soalnya haus nih….

  16. itempoeti mengatakan:

    pas 17 agustusan kok sajaknya nestapa…

  17. bluethunderheart mengatakan:

    met berbuka ya bang
    salam hangat selalu

  18. bluethunderheart mengatakan:

    semangat semangat lagi bang
    blue nantikan nich
    salam hangat selalu

    pa cabar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s