URIP IKU MUNG MAMPIR NGGUYU (artikel 24)

Posted: 12 Januari 2010 in ARTIKEL
Tag:

“URIP IKU MUNG MAMPIR NGGUYU”

Mungkin ada diantara temen-temen yang berfikir itu konyol, hidup kok hanya untuk ketawa (seperti orang gila saja) bukankah hidup itu harus kita isi dengan hal-hal yang berguna atau berkwalitas? Misal hidup harus bekerja keras, atau hidup harus serius supaya cita-cita tercapai, atau hal-hal yang bisa memicu hidup kita menjadi lebih baik, begitu mungkin kata mereka.

Menurut saya ya silahkan saja mau punya prinsip hidup seperti itu, tapi ingatlah kerja keras, keseriusan, dll.. itu tujuan akhirnya hampir pasti kepuasan materi dan apa fungsi materi ya untuk kepuasan hidup supaya kita bisa bahagia kan?, sedangkan kepuasan materi itu tidak ada batasnya, mau yang lurus-lurus saja, atau yang pakai cara salah (sikut kiri, sikut kanan, tonjok atas, injak bawah, menghalalkan segala cara mulai dari korupsi bahkan sampai mistic) tapi sampai mana?, biasa kan orang sudah punya sepeda, pingin beli motor, motor dah dapat, pingin mobil, mobil dah parkir digarasi, pingin kereta api, kereta api dah di rentengi, pingin pesawat, pesawat sudah berjejer, pingin satelit, satelit sudah punya, Bouroq-pun kalau bisa di kandangkan) nggak akan sampai akhir.

Padahal sebanarnya yang harusnya kita cita-citakan itu adalah kebahagiaan itu sendiri dan salah satu tanda orang berbahagia tentu saja ya bisa ngguyu alias bisa ketawa, jadi prinsip “URIP IKU MUNG MAMPIR NGGUYU” ternyata satu step lebih jauh ketimbang prinsip hidup harus kerja keras, serius.. bla..bla..bla.. itu

Perkara bagaimana caranya untuk bisa ketawa itu memang tergantung cara kita masing-masing, kalau saya mending memanfaatkan (mensyukuri) apa yang telah kita dapat atau yang telah di tetapkan oleh Allah SWT untuk kita dapatkan, (ingat tentang rukun Iman yang ke-6, yaitu iman kepada Qodo’ & Qodhar/iman kepada ketetapan Allah) kalau Allah sudah menetapkan ya inilah yang harus kita manfaatkan untuk mencapai kebahagiaan itu tadi, toh tidak ada satu mahlukpun yang mampu menghalangi kehendak Allah, kalau Allah pingin memuliakan, meskipun seluruh Alam semesta menolak, tetep aja akan terjadi, begitu sebaliknya.

Jadi percuma kita mendapatkan semua tapi tidak pula sampai pada titik kebahagiaan, malah justru menimbulkan kesengsaraan (contoh : para Koruptor yang menjual syurganya dengan harga super murah)

Jadi Menurut saya bahagia bukan dari hasil pencapaian sebuah cita-cita, bahagia menurut saya bisa di ciptakan dan di kondisikan, sebelum cita-cita itu sendiri terlaksana.

Seperti yang saya lihat waktu berangkat kerja tanggal 8 Januari 2010 di perempatan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, seorang tukang becak yang sedang jalan (becaknya kosong) mencolek temennya yang sedang tiduran di becaknya sendiri, lalu keduanya tertawa, jujur saya iri dengan ketawa mereka.

Nah… Perkara apakah kita perlu mengabaikan kerja keras dan serius dalam bekerja, tunggu di artikel saya selanjutnya judulnya Kalau mau menaklukan hati orang lain, maka taklukkanlah hati kita terlebih dahulu, dan Ihklas adalah tanda telah tertaklukkannya hati kita”

Komentar
  1. Habibillah Faqih Arif mengatakan:

    nek mung gaweane ngguyu dadi wong edan, he he he he

    Replay:
    kalau cuma makan bungkus juga nggak bakal kenyang ya pak…. hehehehe

  2. firdausfarisqi mengatakan:

    apa seh yang kiyta kejar di dunia ini ? bukannya mengajarkan malas ya, tapi sebanyak apapun harta kita toh kita maksimal makan sehari hanya 10 kali ( ada yg sanggup lebih dari itu ? ), tidur maksimal 24 jam, bepergian paling jauh ( untuk saat ini ) masih ke bulan. lalu jika apa yg bisa kita lakukan dengan harta ternyata memiliki batas maksimal kenapa ada orang yg sampai ( pinjam istilah mas klowor ) menjual sorganya demi kenikmatan yg terbatas….. kecuali jika ada orang yg bekerja keras menumpuk harta demi untuk perjuangan di jalan Allah… itu lain soal ( 2 jempol buat orang yg bisa seperti itu🙂 )

  3. bluethunderheart mengatakan:

    menarik postnya kang mas
    pie kabare toh
    salam hangat dari blue

  4. Anonim mengatakan:

    😀

  5. Anonim mengatakan:

    😀😛😮 :3 8) (Y) (idislyk) (^^^) :putnam: o.O😥 <(") 3:) :v [[f9.CHA]]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s