KALAU MAU MENAKLUKAN HATI ORANG LAIN, MAKA TAKLUKKANLAH HATI KITA TERLEBIH DAHULU, DAN IHKLAS ADALAH TANDA TELAH TERTAKLUKKANNYA HATI (Artikel 25)

Posted: 16 Januari 2010 in ARTIKEL

Berhubungan dengan artikel “Urip Iku Mung Mampir Ngguyu”

KALAU MAU MENAKLUKAN HATI ORANG LAIN, MAKA TAKLUKKANLAH HATI KITA TERLEBIH DAHULU, DAN IHKLAS ADALAH TANDA TELAH TERTAKLUKKANNYA HATI KITA

Kalau anda cuman membaca judul diatas saja akan terkesan negatif & pesimistis, bukankah ihklas adalah merelakan sesuatu yang kita miliki atau yang kita inginkan? Begitu mungkin kata sebagian orang.

Tapi tunggu dulu ! Memang ikhlas adalah merelakan seperti yang diatas, tapi penjelasannya tidak sependek itu.

Inti Ikhlas yang saya maksud adalah manut/menerima saja apa yang telah Allah berikan kepada kita. Ini punya sisi yang berbeda dengan alinea di atas, alinea di atas menurut saya menunjukan pemahaman bahwa apa yang kita miliki atau yang ingin kita miliki adalah benar-benar milik kita dan harus kita miliki, padahal ini salah kaprah ! yang benar adalah apapun yang kita miliki adalah milik Allah SWT yang dititipkan sementara kepada kita, sedangkan apa yang ingin kita miliki adalah sesuatu yang kita harapkan untuk di titipkan kepada kita.

Jadi kalau fikiran kita sudah kita fahamkan akan konsep titipan itu, maka konsep tingkah laku perbuatan kita bukan difokuskan pada bagaimana kita bisa mendapatkan keinginan itu, tapi bagaimana caranya supaya kita pantas untuk di titipi.

Dengan rule bagaimana caranya kita pantas di titipi itu tadi, maka kita hanya akan mencari keridlo-an Allah semata, tidak perlu istilah jawanya “petakilan” ada aturan-aturan yang perlu kita perhatikan dalam ber-ikhtiar, dan aturan Allah tentu saja sudah jelas, baik dari Al Qur’an maupun As Sunnah. Karena sesuatu tanpa keridlo-an Allah hanya akan membakar hati kita (seperti di Firmanka Alla SWT dalam Al Qur’an Surat “Al Hummazah..

Dan kalau kita tidak segera di titipi sesuatu yang kita inginkan itu ya kita harus ikhlas, dan menurut saya ke-ikhlasan yang seperti itu termasuk ke dalam kategori “Jihad Al Nafs” Jihad melawan hawa Nafsu, hawa Nafsu untuk memiliki, dan ingat betapa besarnya nilai Jihad Al Nafs ini, bisa kita baca dalam hadits Rasulullah SAW di bawah ini:

رَجَعْنَا مِنَ اْلجِهَادِ اْلأَصْغَرِ إِلىَ اْلجِهَادِ اْلأَكْبَرِ. قَالُوْا: وَمَا اْلجِهَادُ اْلأَكْبَرُ؟ قَالَ: جِهَادُ النَّفْسِ
“Kita baru kembali dari jihad kecil menuju jihad besar.” Para sahabat bertanya, “Apakah jihad besar itu.” Rasul menjawab, “Jihad melawan hawa nafsu.” 24

Rasul saw. juga pernah bersabda:
الْمُجَاهِدُ مَنْ جَاهَدَ نَفْسَهُ
Orang yang berjihad adalah orang yang memerangi hawa nafsunya (HR Ahmad, Turmudzi, al-Hakim dan al-Baihaqi).
Dan kalau kita bisa menang dalam “Jihad al Nafs” ini pasti Allah SWT akan memberikan hadiah melebihi dari apa yang kita harapkan. Seperti dalam Firman Allah di bawah ini

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا

Orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. (QS al-Ankabut [29]: 69).

Lalu apa hubungannya dengan penaklukan hati orang lain? Ya.. itu tadi saat kita mungkin pingin mendapatkan hati Si-A (berhubungan dengan personal), kita harus tetap ihktiar tetapi tidak boleh melewati aturan, dan kalau ternyata si-A tidak mau, ya sudah kita Ikhlaskan saja, dan kalau kita ikhlas tinggal tunggu saja, hati siapa yang akan di taklukkan Allas SWT untuk kita, bukankah semua orang hanya bisa mengira-ira dengan siapa dia bahagia? Tidak ada yang tahu persis dengan siapa dia akan berbahagia, buktinya banyak pasangan yang tidak langgeng, meskipun awalnya dengan menggebu-gebu mengatakan akan bisa bahagia dangan pasangannya itu.

Intinya kalau kita manut sama “Sing Ngecet Lombok/Yang mengecat Cabe” yaitu Sang Muqolibal Qalbu/yang membolak-balik hati” maka hasilnya akan sangat sempurna… maka BERSABARLAH !!

Butuh bukti, tunggu di artikel saya berikutnya “Sesuatu yang kita inginkan dan itu baik, suatu saat pasti akan terlaksana”

jika ingin membaca Artikel saya yang lain silahkan KLIK DI SINI…

Komentar
  1. Nova Imoet mengatakan:

    artkel yang menarik…..

    Replay:
    Thanks…

  2. defrimardinsyah mengatakan:

    mohon bantuan untuk isi dan promosikan kuesioner penelitian saya

    http://defrimardinsyah.wordpress.com/2010/01/07/survey-online-dapat-hadiah-usb/

    http://www.ebankingsurvey.com/limesurvey/index.php?sid=35685&lang=id

    terima kasih
    Defri

    Replay:
    Sudah saya isi pak… semoga bisa membantu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s