DI BANGKU INI, DI TAMAN KOTA, AKU DAN PAK JAMAL

Bangku taman kota

Aku berjingkat diantara reruntuhan rindu, yang tetap hangat seperti pelukan seorang ibu, ditengah malam di taman kota yang sudah lengang, tetapi tetap menyisakan serakan sisa keramaian orang-orang yang merasa pikirannya sedang dahaga, dan ingin meminum sebanyak banyaknya obat kuat bermerk gembira itu. Genangan tawa dan canda dari mereka masih tersisa, baik di jalanan maupun ditrotoar, meski sedikit demi sedikit mulai menguap dan mengapung, menimbulkan aroma yang kadang menyesakkan dada, namun kadang menggelitik nalarku, hingga senyum sulit ku sembunyikan dari sudut bibirku.

Ah sudahlah itu punya meraka, dan aku sedang mencari yang bukan mereka cari, seketika gambaran itu muncul dalam benakku dan menyadarkanku atas parodi-parodi kehidupan yang tadi sempat menggelitik lamunanku. Bayangan seorang perempuan yang sampai sekarang belum kuketahui pasti seperti apa wajahnya dan siapa namanya. Meski kadang aku berusaha menerka-nerka, oh mungkin si-A, oh mungkin si-B. Meski belum pernah ketahuan pas-nya.

Baca entri selengkapnya »

Iklan

AWAN CUMMULUS yang di-PARODI-in

Awan Hitam Comulus Nimbus

Awan Hitam Comulus Nimbus

Kulihat mendung sore ini 29 Juli 2010 di langit jogja indah betul awan mendung yang biasa di sebut awan Commulus (ini kalau lidah urakan bisa di pelintir jadi “Awan kau Mulus” deh.. hehe) menggumpal di sisi barat yang menutupi matahari yang hendak terbanam hingga menimbulkan efek sinar matahari yang keluar dari sela2nya sangat indah, meski nggak sempat hujan hixs-hixs

Tapi itu aja nggak apa-apa toh sudah mewakili harapan akan turunnya hujan entah itu esok hari atau lusa, dari pada nggak ada tanda sama-sekali hayo.. kalau ada tanda kan kita bisa segera atur strategi untuk besok atau lusanya, mau menyongsong datangnya hujan dengan cara apa..
Baca entri selengkapnya »


STANDART YANG CUMAN STANDART SAJA

LOGO SNI

LOGO SNI

Rasanya tak asing lagi kalau kita mendengar tabung gas 3 kg meledak dan menimbulkan korban baik meninggal maupun korban luka-luka.

Cukup mengherankan kiranya kalau tabung yang sudah menerapkan standar SNI (Standart Nasional Indonesia) yang sekarang getol-getolnya di terapkan, tapi banyak yang meledak.
Baca entri selengkapnya »


BANGSA SENDIKO DAWUH

ASAL BAPAK SENANGSaya punya pengalaman yang aneh mungkin, pernah saya mendemo seorang dosen, yang menurut saya kurang bener cara mengajarnya, yang mengandalkan hafalan pelajaran, bagi siapa yang kemampuan hafalannya bagus maka nilainya akan bagus, yang pola fikirnya tidak mengandalkan hafalan (mengandalkan logika) nilainya jelek, ada bukti lain, yang mendapat nilai bagus-bagus adalah mahasiswa yang memiliki indek prestasi komulatif rendah, sedangkan mahasiswa yang memiliki IPK bagus, malah dapat nilai jelek, dan itu juga terjadi di 2 mata kuliah sebelumnya yang dia ajarkan.
Baca entri selengkapnya »


KATA TERGANTIKAN


****
Adakah hujan tersenyum
Siap diantarkan mendung pada kata tergantikan…

Menyembul dari selasar Rindu pada sebuah nama
Nama yang menyeruak dalam Ringkih Ingatan
Ringkihnya harapan.

Baca entri selengkapnya »


JUDISIAL REVIEW UNDANG-UNDANG PERJUDIAN

Setalah kemaren malam 21 Aprli 2010, saya nonton Mata Najwa, yang menghadirkan bintang tamu ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, saya baru tahu bahwa ada orang-orang yang mengajukan Judisial Review untuk undang-undang pasal 303 dan 303 bis KUHP dan UU No 7/1974 pembatasan perjudian.

Jujur saja saya kaget, bahwa jelas-jelas judi memiliki efek buruk bagi kehidupan orang-orang yang menjalaninya, bahkan jelas-jelas judi di haramkan oleh agama Islam yang notabene adalah agama yang di anut oleh sebagian besar penduduk Indonesia, masih saja ada orang-orang yang meminta judi di legalkan lagi.
Baca entri selengkapnya »

GALAU

Posted: 16 April 2010 in PUISI
Tag:

GALAU

***

GALAU

GALAU

Aku terbentuk dari patahan embun, galau
Kemarau hanya meninggalkan aura senja
Bermata belok, beralis tebal
Yang terkadang mempesonaku
Namun tak jarang menyiksa batinku
Baca entri selengkapnya »


MENIKMATI HIDUP

Sekali Lagi saya ingin bicara tentang bagaimana caranya kita bisa menikmati hidup (baca: Membahagiakan diri) ditengah situasi apapun dan bagaimanapun.

Ini saya tulis sepulang dari nonton acara Jazz Mben Senin di Bentara Budaya Yogyakarta, atau biasa di sebut BBY.

Suklowor nonton Jazz, apa kata dunia? Mungkin begitu yang dikatakan sebagian temen yang mengenal saya. Kalau nggak di bilang saya sok, atau malah bilang kalau saya jelmaan si Alex yang di iklan “Pingin Exis jangan Lebai Plisss.” Karena pantasnya klowor yang satu ini hanya nonton dangdut atau campursari.

Baca entri selengkapnya »

ARCA BATU (Puisi 44)

Posted: 18 Februari 2010 in PUISI
Tag:, , ,

ARCA BATU

***

Arca batu

Patung dewi

Disana….
Dikeheningan malam
Kudapati Batu Besar tepekur
Mendengar sajak-sajak sunyi
Dari penyair sepi

Dihayatinya larik demi larik
Bait demi bait hingga
Ingatannya jatuh lalu terpelanting ke masa lalu

Dulu….
Engkau selalu menemaniku disini
Sekedar bercerita tentang
Burung hantu yang bangun kesiangan
Atau Kawista tua ingin memejamkan mata
Baca entri selengkapnya »


KETIBAN SAMPUR

(maaf tidak berniat mengeneralisir)

Ketiban sampur adalah istilah yang dipakai oleh orang yang di kalungi selendang oleh seorang penari dalam acara tayuban

Biasanya orang yang ketiban sampur akan di ajak menari di atas panggung, dan di tonton oleh banyak pengunjung. Bagi yang pintar menari hal ini bukan menjadi perkara yang merepotkan, tapi bagi yang nggak bisa menari apalagi pemalu wah bias di jadiin bahan ketawaan banyak orang

Belum lagi kalau mereka harus mengeluarkan uang untuk “nyawer” (memberi uang untuk penari) iya kalau pas bawa uang, kalau pas tidak bawa uang kan jadi berabe, sudah di jadiin bahan ketawaan setelah acara masih di rasani (di gosipi) oleh para penari. Ah ternyata si-A itu kelihatannya Tajir tapi pelitnya minta ampun, jangan-jangan emang kere dari sononya, tapi berlagak aja kayak orang kaya. Dan namanya gossip sama seperti flu babi menyebarnya luarbiasa cepat.

Baca entri selengkapnya »